Romiero Wrote:Gw pengen, tp ngeri kebalik, hehehe, kecuali klo ada yg mau balutin mobil gw ama kasur, jd klo kebalik cuma ngegelinding, hehehehe
BTw klo yang ga ikut, cuma jongkok2 aja disamping sirkuit bole ga?
Gue cuma mau sedikit meluruskan ya. Kebetulan gue udah pernah merasakan kesempatan 3 lap di sentul pada saat break balapan touring tahun lalu.
Menurut gue, resiko yg dihadapi boleh dibilang kecil krn:
1. Kita akan dipandu oleh safety car yg kecepatannya nggak akan ngebut2
amat. Di trek lurus, biasanya si safety car akan memberikan kesempatan utk gas pol. Tapi begitu menjelang tikungan, dia akan ngeset speed di batas aman. Dan aturannya kita nggak boleh mbalap si safety car dan harus ngikutin racing line-nya si safety car. Nah kalau sdh masuk racing line, otomatis kesempatan mbalap mobil di depan jadi nggak ada. Resiko terbesar di sirkuit adalah oversteer atau understeer di tikungan. Dengan mengikuti racing line dan speed yg aman, maka resiko itu menjadi hampir hilang.
2. Di sirkuit nggak ada pedagang asongan, mikrolet ngetem dan orang
nyebrang tiba2, nggak spt di jalanan dlm kota :-)
Catatan: racing line adalah lintasan semu yg harus diikuti pembalap di sirkuit. Gampangnya, jarak tertentu sebelum menikung ke kiri, mobil harus
mengambil lintasan paling kanan. Begitu masuk di tikungan, harus segera
ambil jalur paling kiri. Rule ini wajib diikuti bukan hanya kita, tapi pada saat balapan beneran utk mengurangi resiko.
Intinya, nggak usah takut kenapa2 sama mobil kita selama kita bawa
mobilnya sesuai aturan.